LEWAT ALBUM " PERSPECTIVE " BASKORONA MENCURAHKAN TULISAN SUREALIS & SPRITUALISM



Apa yang terlintas saat pertama kali mendengar Perspective/perspektif ? apakah sebuah gambar perdebatan manusia tentang tata letak suatu nomor, yaa katakan angka 6 namun ada yang menyebutnya itu adalah angka 9 karena dilihaat dari posisi sudut pandang manusia itu berada ? 
"tentu tidak hanya dengan itu saja, masih ada banyak hal yang harus dilihat dan dirasakan di bumi ini" sambil tertawa baskoro sambil menjelaskan dengan sedikit nada ketegasan.


kali ini kita sselami lebih dalam yuk !


lewat Album ke tiganya 'Perspective' kini baskoro sangat tampil percaya diri untuk Speak Up karna didalam Album tersebut semuanya dikerjakan oleh ia sendiri dari pemilihan Nada,Lyric,Sound Mixing sampai Mastering dengan kentalnya Distorsi pada gitar menambah element ruh Alternative di dalam setiap lagu-lagunya. ' dulu waktu kecil saekitar kelas 5 SD gue suka bawain lagu-lagunya Green Day, Nirvana, dan Slank kalo ngjam ama temen-temen di studio kalo di rumah disetelin Koes Plus, Jamrud, Scorpion dan Led Zeppeln ama almahrum Bonyok dan abang, jadi jaman-nya gue doyan permen lollipop emang kebanyakan musik distorsi dan mendayu Pop-nya Koes Plus ' tutur pria kelahiran november 90an ini.


Album yang berisi 6 lagu ini pun punya selera rock unik dalam setiap mixingnya, kalian pasti setuju jika sudah mendengarkan semua lagunya, untuk mendengarkan lagunya pun baskoro berpesan minimal headphone lah tools yang harus digunakan jika tidak anda adalah kaum merugi. 'dalam album ini gue sangat mempelajari pemikiran seorang Butch Vig yang tak lain adalaah orang dibalik layar pembuatan Album--albumnya Foo Fighters' dan kapasitas kinerja otak gue pribadi hehehe, kalo ngomongin beliau ya dari jamannya Nirvana doi bener-bener bentuk brand image tuh band dari pemilihan Sound, Punch serta Clarity-nya dan gue juga menerapkan apa yang gue pelajari saat belajar di Artsonica dan di mentorin langsung oleh Agus Hardiman' ujarnya.


diakui oleh baskoro sendiri penulisan lyric di album Perspective ini adalah implementasi dari  kehidupan sehari-hari yang ia sudah jalani salah satunya jalan spritualism yang ia jalani 'Untittled Song tuh lagu yang ajaib dulu pas keluar album yang pertama Mind's Up gue bisa main di cafe-cafe, hotel dan gig kampus karna lagu itu, mungkin kalau dulu gak nulis lagu itu gue udah suicide' dan Depend Side adalah kelanjutan lagu yang gue tulis di tahun 2015 silam yang artinya manusia adalah mahluk yang mencari kesempurnaan di mata manusia-manusia lain namun ada segilintir manusia yang berbahagia walaupun hidupnya sederhana dan have fun aja ngejalanin hidup begitu juga sebaliknya, yang gak tau biasanya pada bilaang ini lagu ngobat karna sangat erat dengan kata 'Ketergantungan         

Udah jelas banget gue tulis ni lagu bukan lagu ngobat liat aja deh dari lyric-nya ! ujarnya 


sedikit merambah ke sisi aransement musik pada lagu-lagu di album Perspective, yang saangat erat dengan progresi Alternative Rock / Post Rock namun kaya dengan interval nada harmonis dengan gaya yang bebas terdengar oleh telinga, tuturnya 'gue pengen punya mixtape lagu yang gue tulis sendiri yang ngingetin gue pas gue jadi pooser, belajar maen gitar, belajar bermusik sama temen-temen gue sewaktu kecil dengan nerapin apa aja yang relate di zaman ini dan gue yakin dengan begitu gue sendiri bisa jadi manusia yang seimbang dan di album ini gue gak mau di dikte sama orang-orang yang gak kenal gue, karna pencapaian gue adalah bikin musik easy listen  namun dinamis' ujarnya yang merilis album pada 21 September 2020.

'dalam album ini gue juga bersikap acuh kepada komentar orang yanng merasa merajai pasar musik indonesia, karna seseorang yang sudah berada di ranah sana gak akan berkomentar semacam itu' tuturnya.


Video music lyric Depend Side adalah salah satu lagu di Album Perspective dengan gaya penulisan Spritualism dan konsep yang simple yaitu yang biasanya dipakai para musisi cover 'hehe gue cuma ngajak mereka aja biar lebih produktiv sama dirinya sendiri, yaa bukan apa-apa juga sih. namanya juga dunia kompetisi hehe' sambil tertawa kecil. simpul kata, semoga Perspective bisa menjadi salah satu pilihan di waktu senggang teman-teman semuanya.




    

Komentar