Start from Romantic Love Song



Hai, saya Baskoro Nur Arifin dan saya adalah seorang Audio Engineer dalam Recording dan Music Production yang hobi menulis lyric lagu

dalam kolom postingan ini saya ingin membagikan pengalaman saya seputar dunia recording
pada awalnya saya seorang yang otodidak dan bermodal sendiri dengan komputer pentium 3 pada zaman 2008 silam yang diberikan kakak saya (komputer yang sudah tidak terpakai) dan mempelajari nuendo 3. karna basic saya tidak memahami apa itu prosedur music production maka saya memberanikan diri untuk membuat lagu sendiri dengan teman saya. dengan jasa Production House Feedback Home Record

di sisi lain dalam pembuatan music production dalam lagu saya sendiri, saya mempelajari memainkan alat dengan tempo metronome yang harus tepat, terlebih lagi saya harus memiliki pengetahuan seorang arranger komposer music dengan bekal materi Sekolah Menengah Konservatori Surakarta dengan jurusan Music non -Diatonic, saya harus memiliki pemikiran seorang komposer pada umumnya.

perihal kecil yang saya harus ketahui, menurut saya adalah :

1. mampu membuat lagu tersebut mempunyai nilai jual
2. harus mengetahui apakah saya buat itu mampu menjual atau tidak ( menciptakan nada aransemen yang bernilai)
3. harus mampu bermain bersih pada alat yang saya mainkan

dan hanya itu yang saya lakukan dalam lagu saya yang berjudul Bukan Aku
contoh nya bisa kalian dengarkan di sini :

https://soundcloud.com/baskoro-nur-a/luvta-bukan-aku

Sudah dengar samplenya ? 
Di lagu ini kebetulan masih jasa PH yang me mixing master, tetapi dalam hal lain yang ingin saya bahas adalah element yang terkandung dalam lagu ini bukan dari guitarnya, stringnya atau plug-in nya. 
Karena dalam era zaman pembuatan lagu ini adalah era materi lagu kasmaran dan patah hati yang dibuktikan dengan hadirnya ciri khas band-band yang tampil di media, maka saya mengikuti era zaman tersebut.

Dalam lagu ini saya ingin menumpahkan pesan akan sebuah rasa kasih sayang yang tulus kepada pasangan walaupun feedbacknya tidak postif dan me-ngenakan maka saya harus memberikan sugesti pesan tersebut kepada vocalis agar bernyanyi dengan rasa seperti itu.
Dengan begitu sebuah proyek akan sama dengan konsep yang sebagaimana fantasi saya inginkan .

Jika dalam pembuatan lagu tanpa dasar maka akan memberikan tekanan saat penggarapan proyek lalu hasilnya 'nihil' walaupun di mixing master dengan seorang engineer proffesional sekalipun.

Ada beberapa poin penting dalam music production (lagu) menurut saya, yaitu :
1. Tetapkan tema pada lyric lagu
2. Tetapkan konsep apa yang akan diciptakan
3. Carilah 'fresh'nya lagu tersebut seperti apa, karena dalam meng-aransemen proyek lagu sebelum masuk dapur rekaman bisa berubah 180° ketika masuk fase aransemen dalam recording

Komentar